Senin, 19 Januari 2015

Panduan Modifikasi Mobil


Kecuali Anda membeli mobil yang dibuat spesial untuk Anda, maka besar kemungkinan akan banyak hal yang Anda harapkan tidak tersedia di mobil. Itu karena mobil dibuat secara umum, tanpa bisa memenuhi keinginan masing-masing individu.

Yang perlu diperhatikan dalam modifikasi adalah perubahan yang dilakukan dan pemasangan beberapa aksesoris haruslah mengakomodir keamanan dan kenyamanan anda dalam berkendara.



http://jobrize.com/index.php?ref=80281




Bagi yang hobi atau gemar dengan otomotif, kurang lengkap rasanya melihat mobil dalam kondisi standar pabrik. Rasa ingin mengubah tampilan atau bahkan menaikkan performa mesin tersirat dalam pikiran. Dalam sejarahnya, modifikasi mobil atau dikenal dengan nama car tuning di negara-negara barat mulai menyebar tahun 90-an.

Nah, bagi Anda yang baru berniat terjun di dunia ini tidak ada salahnya mengikuti tips berikut :



1. Konsep dan anggaran

http://jobrize.com/index.php?ref=80281


Saat pertama kali mencoba sesuatu hal baru terkadang semangat yang muncul sangat besar. Dalam hal modifikasi ini harus diwaspadai, kenapa? Karena kalau terlalu bersemangat dan tidak ada konsep serta langkah-langkah yang jelas, Anda bisa over budget dan menyesal dengan hasilnya.

Maka sebelum memulai modifikasi, tentukan dahulu konsep yang ingin Anda terapkan pada mobil kesayangan. Ada banyak tema dalam modifikasi, mulai dari sporty, racing, elegan dan saat ini yang cukup ngetren ialah extreme style yakni merubah total bentuk mobil seperti dimensi yang berubah (lebih panjang/limosin) atau merubah tipe mobil, dari awalnya tipe sedan dimodifikasi menjadi SUV Setelah menentukan tema, lanjut dengan menentukan biaya yang sudah anda siapkan.


http://jobrize.com/index.php?ref=80281

Meskipun beberapa modifikator ada yang tidak peduli dengan biaya tapi bagi Anda pemula hal ini penting.


2. Bengkel Rekomendasi
Jangan lupa untuk mencari bengkel modifikasi terpercaya dan sering berkonsultasi dengan orang bengkel. Jangan takut mencoba sesuatu yang baru. Seperti menggunakan karbon untuk tema elegan. Padahal karbon identik dengan sporty.

http://jobrize.com/index.php?ref=80281



3. Daftar komponen
Sudah selesai menentukan konsep dan anggaran biaya, buat daftar komponen yang harus dibeli. Bila ada komponen yang sulit didapat, ada kemungkinan Anda harus membeli diluar kota atau bahkan diluar negeri. Catat juga barang yang sudah dibeli untuk menghindari pembelian dua kali.

http://jobrize.com/index.php?ref=80281


4. Mesin
Konsep, anggaran biaya, bengkel modifikasi, dan daftar komponen sudah dipersiapkan. Maka anda sudah bisa memulai modifikasi.Hal pertama yang dilakukan ialah mesin karena mesin adalah inti dari sebuah mobil. Pastikan juga setelah memodifikasi, mesin bekerja dengan normal dan mempunyai tenaga dan torsi yang berbeda signifikan sebelum dimodif.

http://jobrize.com/index.php?ref=80281



Bagi Anda yang masih pertama dan minim pengalaman, cukup merubah mesin secara sederhana. Misal, mengubah pengapian menjadi lebih baik dengan cara mengganti busi atau koil.

Atau yang lebih sederhana dengan merubah penampilan mesin seperti melapisi dengan karbon atau meng-chrome mesin.


5. Pelek
Urusan mesin sudah selesai beralih ke kaki-kaki alias roda. Tentukan pelek yang ingin Anda pasang sesuai dengan tema yang sudah ada. Apabila sudah terpasang dari sinilah awal mula apakah nantinya perlu merubah body atau tidak seperti memperlebar fender. Karena body mobil selalu menyesuaikan pelek dalam modifikasi.

http://jobrize.com/index.php?ref=80281




Apabila ada perubahan ukuran pelek dan ban menjadi lebih besar, sisi positifnya handling mobil menjadi lebih baik sehingga nyaman untuk bermanuver. Ini akibat area kontak antara ban dengan aspal menjadi lebih luas sehingga daya cengkram menjadi lebih besar dan tentunya penampilan menjadi lebih keren.

Akan tetapi sisi negatifnya, saat melewati jalan yang tidak rata daya redam mobil menjadi berkurang. Imbasnya kabin menjadi lebih berisik (noise road). Hal ini bisa diantisipasi dengan memasang peredam yang lebih bagus agar kenyamanan kabin tetap terjaga.


6. Body kit
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, setelah pelek ditentukan barulah pasang body kit yang sudah dibuat. Ubah tampilan secara maksimal dengan mengganti bemper depan, bemper belakang dan side skirt.


http://jobrize.com/index.php?ref=80281


7. Audio
Jangan lupa juga untuk mengubah sistem audio. Beberapa modifikator ada yang fokus pada audio. Kalau memang fokus ke Audio, gunakan komponen yang bermerek dan berkualitas tinggi agar hasil dari sistem audio sesuai dengan harapan. Sama seperti komponen lainnya, audio juga harus sesuai dengan tema sehingga tetap menjadi satu kesatuan.

http://jobrize.com/index.php?ref=80281


Dalam kontes modifikasi kategori Audio ada tiga kelas yakni SQ (Sound Quality) , SQL (Sound Quality Loud), dan SPL (Sound Pressure Level). Untuk anda yang menyukai suara yang jernih dan berkualitas, atur sistem audio untuk SQ sehingga kerjernihan (clarity), kedalaman (depth), tata panggung (sound stage), dll bisa persis seperti suara asli.

Lain halnya bagi anda yang lebih menyukai kekerasan suara atau dentuman bass. Maka pilih pengaturan SPL agar kekerasan suara yang dihasilnya dengan pengukuran desibel (db) bisa sesuai keinginan anda. Sedangkan untuk SQL adalah jenis yang paling cocok untuk pemula karena lebih sederhana merubahnya. SQL sendiri ialah penggabungan dua modifikasi audio sebelumnya yakni kualitas suara dengan dentuman yang keras.


8. Interior
Ubah juga tampilan didalam kabin (interior) sesuai dengan tema dan warna. Bahan-bahan yang digunakan juga disesuaikan dengan tema, misal tema elegan maka jok dengan bahan kulit dan dasbor panel kayu yang umum disematkan pada modifikasi mobil.

http://jobrize.com/index.php?ref=80281



Untuk tema racing bisa juga mengganti setir standar menjadi setir racing serta melapisi pedal dengan aluminium ala racing.


Kesimpulan

Bila Anda masih pemula dalam hal modifikasi, perubahan yang tidak terlalu makan biaya banyak adalah kunci untuk memulainya. Jangan tergiur dengan modifikasi yang membuat Anda harus mengeluarkan biaya lebih dari anggaran (over budget)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar