Kamis, 25 Februari 2016

PENGOBATAN MENURUT USADA BALI

Pengertian Usada

Usada adalah pengetahuan pengobatan tradisional Bali, sebagai sumber konsep untuk memecahkan masalah di bidang kesehatan. Dengan menguasai konsep usada tersebut dan memanfaatkannya dalam kerangka konseptual di bidang pencegahan, pengobatan, rehabilitasi serta penelitian berguna untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan. Kata usada berasal dari kata ausadhi (bhs. Sansekerta) yang berarti tumbuh-tumbuhan yang mengandung khasiat obat-obatan 

  Manusia disebut sehat, apabila semua sistem dan unsur pembentuk tubuh (panca maha bhuta) yang berhubungan dengan aksara panca brahma (Sang, Bang, Tang, Ang, Ing) serta cairan tubuhnya berada dalam keadaan seimbang dan dapat berfungsi dengan baik. Sistem tubuh dikendalikan oleh suatu cairan humoral. Cairan humoral ini terdiri dari tiga unsur yang disebut dengan tri dosha (vatta=unsur udara, pitta=unsur api, dan kapha=unsur air).



Tiga unsur cairan tri dosha (Unsur udara, unsur api, dan unsur air) dalam pratek pengobatan oleh balian dan menurut agama Hindu di Bali (Siwasidhanta), Ida Sang Hyang Widhi atau Bhatara Siwa (Tuhan) yang menciptakan semua yang ada di jagad raya ini. 



Dalam usadha, penyakit ada tiga jenis, yakni penyakit panes (panas), nyem (dingin), dan sebaa(panas-dingin.Selain tersebut diatas, sistem pembagian penyakit dalam usadha juga dikelompokkan berdasarkan Ayur Weda yang didasarkan atas penyebabnya, meliputi:



1.Adhyatmika, adalah penyakit yang penyebabnya berasal dari dirinya sendiri seperti penyakit keturunan, penyakit kongenital/dalam kandungan, dan ketidakseimbangan pada unsur tri dosha.

2.Adhidaiwika, penyakit yang penyebabnya berasal dari pengaruh lingkungan luar, seperti pengaruh musim, gangguan niskala/supranatural (bebai, gering agung) dan pengaruh sekala.

3.Adhibautika, yaitu penyakit yang disebabkan oleh benda tajam, gigitan binatang, kecelakaan sehingga menimbulkan luka.

pengobatan Ayurveda yang secara tidak sadar sudah diterapkan di Bali seperti:

A.Terapi air sudah dilakukan seperti mandi dipancoran, mandi air panas, pengelukatan dll.

B.Duduk hening, sambil mendengarkan suara musik, suara angin sepoi-sepoi dan suara burung-burung yang merdu dan lain sebagainya.

C. sehari-hari kita tidak sadar sudah mempraktekkan yoga samadhi, ke merajan memusatkan pikiran memuja SANG HYANG WIDI, melakukan japa mantra dan lain sebagainya.

Pengobatan herbal dalam Ayurveda

Ayur veda adalah kitab pengobatan kuno, kitab ilmu kedokteran Hindu.Ayur veda berasal dari kata ayur atau ayus atau ayu yang berarti hidup dengan selamat atau umur panjang, veda atau vida atau vid yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi Ayurveda berarti ilmu pengetahuan tentang hidup sehat (sehat pisik, jiwa dan spiritual) dan panjang umur. Sehat dalam Ayur veda adalah memiliki konsep keseimbangan dalam Tri dosha (Vata=angin, Pitta=panas, kapha=air) dan enzim pada jaringan tubuh (dhatu) berfungsi dengan baik, serta limbah/ekskreta (mala) dibuang secara teratur sehingga mempunyai rasa plong atau bahagia (atma/spirit, Indriya sempurna dan manah/pikiran menjadi tenang.

     Ayurveda menekankan pada pengobatan tradisional dan bahan-bahan obat natural (panca maha bhuta: tanah, air, udara, api, akasa) yang berupa vahan dari taru ( tanaman), sato atau buron (binatang), toya (air), mineral (garam), madu, susu dan arak/berem/tuak (minuman keras). Orang dikatakan sehat atau tri dosha (angin, api/panas dan air) dalam keadaan seimbang dalam tubuh.

Penyebab tidak seimbangnya Tri dosha (angin, api/panas, air) didalam tubuh disebabkan oleh beberapa factor seperti: mungkin karena aktifitas yang berlebihan; kelelahan yang sangat; ketegangan mental; ketegangan mental yang mendadak akibat suatu kejadian atau bisa juga karena kelebihan dari suatu obat (overdosis).

Macam-macam jenis penyakit menurut hindu :

1.TIWANG adalah penyakit yang gejalanya badan terasa meluang,sakit dan ngilu, mata agak membelalak,otot kejang sampai pingsan.Zaman sekarang tiwang disamakan dengan penyakit tetanus,kejang-kejang [ayan].

2.MOKAN adalah penyakit gejalanya badan bengkak dan terasa sakit,penglihatan kabur,tenaga dan kedua lengan runtag [lemas],terasa keras pada tempat-tempat tertentu.Penyakit ini akibat dari urat yang menuju buah pinggang yang menyebabkan karang/sumbatan di hati.Gejala pertama kali timbul dari penyakit mokan ini adalah tidak dapat tidur nyenyak,saat bangun seperti kepupungan [belum sadar betul] ,mau muntah tapi tidak keluar-keluar.Penyakit mokan sering berubah-ubah bentuk .

3.TUJU adalah penyakit gejalanya berpindah-pindah,bisa di persendian, tulang dan otot disertai sakit menusuk-nusuk.Zaman sekarang terkenal dengan nama penyakit rheumatik.

4.MORO adalah penyakit yang disebabkan oleh desti/leak [guna-guna].Gejalanya bengkak dibeberapa tempat disertai sakit yang menusuk-nusuk.Terkadang bengkak gatal dan kesemutan.


5.PEMALI adalah penyakit di bagian dalam tubuh seperti ditusuk-tusuk.Terutama di daerah tulang rusuk dekat perut atau dada sebelah kanan atau kiri.Penyakit ini sebagian besar dialami oleh wanita. 

6.SULA adalah penyakit gejalanya sakit melilit didaerah perut yang sebentar timbul sebentar hilang.

7.ILA adlah penyakit yang paling ditakuti dulu sekarang sudah jarang terjadi.Penyakit ini sama dengan penyakit kusta atau lepra.

8.BADASA adalah penyakit bengkak di urat daging disertai rasa sakit.Warna kulit kemerah-merahan.Penyakit ini identik dengan pembengkakan kelenjar limpa,pembengkakan pada pangkal paha,ketiak dan tempat lainnya.

9.BUH adalah penyakit perut kembung kebanyakan air dalam perut sakitnya menusuk-nusuk,nafsu makan turun dan perut tegang.

10.UPAS (racun) adalah penyakit di luar tubuh, penyakit ini disebabkan oleh racun ular,kalajengking,lipan,tawon dll.Upas bisa juga terjadi dari dalam tubuh seperti penyakit getah bening/limfa.

Bentuk Obat :
Padet (padat)
Enceh (cair)
Belek (setengah padat-cair)


Jenis Pembuatan :

Ulig (digerus)
Pakpak (dikunyah)
Lablab (direbus)
Goreng (digoreng)
Nyahnyah (dioseng)
Tambus (dimasukkan diabu panas)
Tunu (dipanggang)

Cara Penggunaan :

Obat dalam :

• Tetes (diteteskan)

• Tutuh (dimasukkan melalui hidung)

• Loloh (diminum)


Obat luar :

• Oles (dioleskan)

• Boreh (dilulur)

• Simbuh (disembur)

• Uap (diurapkan)

• Usug (dikompres)
• Ses (pembersihan luka)
• Limpun (diurut)
• Kacekel (dipijat)
• Tampel (ditempel).

Khasiat obat : 
Anget (panas)
Tis (dingin)
Dumalada (sedang).


MANTRAM mohon ijin akan memberi obat kepada orang sakit ;


Pukulan sang hyang brahma,ingsun lugraha 
Atatambanen kena gering anu Sang hyang kasuhun kidul 
Alugraha ingsun wehakena ta ulun kasidianta tan ana ulun 
Centula enu,muang kahayowaning sariran ingulun,luperta 
Kena ta juga sateru dirgayusa ngingulun.Sidhi rastu astu 
Luput!”diucapkan 3x,lalu dilanjutkan dengan 
Poma,poma,poma.



Mantram dharma usada diucapkan pertama kali sebelum melakukan pengobatan :


Ong ang mang tri dewata nama sidham sudha ya namah,sarwa lara winas ayam,moksah waras.


Mantram dasa mantra saat memberi obat :

Ong ang mang,ong ang mang,ong ang ung,wasat
Pukulun sang hyang maka betel,sang hyang aji terus,
Amolong saluiring bolong,teka bolong,teke bolong,Teke bolong.

Mantram untuk pengobatan menggunakan boreh :

Ong ang brahma,saraswati,acintya purna ya namah

Ong ,ang geni prakasa bayu sabda idep purna enu enteg,

Gering wisia punah geseng,punah geseng,punah geseng,poma,poma,poma


Mantram untuk obat berupa loloh [diminum] :

Ong gangga sunurut maya wisnu,ong ,ong wisnu sudha lara misuwaha
Ong ,ong geni sabuwana tur angeseng lara raga ring jero wetenge i anu,teke punah punah punah

Beberapa macam pengobatan :

#.Batuk-batuk bayi :
Bunga kamboja,kayu cendana,kemiri
Cara pembuatan : gosok-gosok kayu cendana di penguligan [batu penggiling],diisi air sedikit kemudian bahan lain digiling bersama-sama.
Pemakaiannya : diboreh pd bagian leher.

#.tuju [rematik] :
Kulit batang kamboja, lengkuas,jahe,kencur,beras.
Cara pembuatannya : semua bahan digerus halus tambah air secukupnya.
Pemakaiannya : diboreh pada bagian yang sakit.

#.mencret pada bayi :
Kulit batang juwet putih,asam tanek [lama],adas.
Cara pembuatannya : asam dipanggang,lalu diremas dicampur dengan bahan lainnya,tambah air secukupnya dan disaring.
Pemakaian : diloloh [diminum].

#.batuk disertai sesak nafas :
Daun belimbing besi,lengkuas,kunir
Cara pembuatannya : dikunyah halus semua bahannya.
Pemakaiannya : disemburkan ke leher.

#.pilek/flu :
Umbi bawang putih,deringo
Cara pembuatannya : digerus halus  semua bahan ditambahkan air secukupnya
Pemakaian : Boreh pada leher.

#.susah tidur :
Umbi bera,bang,asam,daun keladi
Cara pembuatannya : diulig/digiling halus tambah air secukupnya
Pemakaian : diparamkan/diborehkan seluruh tubuh.

#.borok [luka nanah] :
Umbi bakung putih
Cara pembuatannya : diiris kecil-kecil dan dipanasi
Pemakaian : ditempelkan pada boroknya.

#.mulut bau :
Daun sirih,garam secukupnya
Cara pembuatannya : direbus semua bahan
Pemakaian : digunakan sebagai obat kumur.

#.Buang Air Besar Berdarah

20 gr kulit batang kemiri direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum hangat-hangat.

#.Disentri

10 gr kulit batang kemiri direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum hangat-hangat. Sedangkan untuk diare, gunakan 20 gr kulit batang kemiri segar ditumbuk halus kemudian direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, saring dan airnya diminum 2 kali sehari. Setiap kali minum sebanyak 150 cc.

#.Sembelit

1 buah kemiri

2 siung bawah merah

30 gr daun urang aring,

10 gr kayu manis, 

5 gr pulosari 

6 gr adas

1/2 sendok teh garam

Dihaluskan semua bahan kemudian direbus dengan 800 cc air sampai tersisa 400 cc. Saring dan airnya diminum 2 kali sehari. Setiap kali minum 200 cc.



#.Demam
minyak kemiri secukupnya, kemudian tambahkan 15 gr akar pulutan direbus dengan air secukupnya sampai mendidih. Kemudian minum ramuan saat masih hangat. Ada baiknya lakukan pengobatan ini secara teratur dan untuk penyakit berat disarankan untuk tetap berkonsultasi ke dokter.

#.Sakit Gigi
3 tetes getah daun kemiri dilumaskan ke bagian yang sakit. Lakukan sebanyak 3 kali seminggu. Jika anda mempunyai bisul, gunakan 10 lembar daun pukul 4, ditambah 15 lembar daun kangkung dihaluskan, tambahkan minyak kemiri dan minyak kelapa secukupnya. Aduk rata kemudian dioleskan pada bisul. Lakukan 2 kali sehari.

#.Rambut Rontok : 60 gr daun lidah buaya, dikupas kulitnya, ditambah 30 gr daun mangkokan, ditambah 30 gr daun waru muda kemudian dihaluskan. Setelah itu, tambahkan 50 gr minyak kemiri hangat, aduk rata kemudian dioleskan pada kulit kepala dan rambut sampai rata. Diamkan beberapa saat. Setelah itu, bilas sampai bersih.

#.Memperkuat Dan Memperbaiki Tumbuhnya Rambut: 6 buah kemiri ditumbuk halus, tambahkan air secukupnya dan dimasak sampai mengeluarkan minyak. Gosokkan minyak tersebut ke kulit kepala dan rambut sampai merata. Lakukan 3 kali seminggu.

#.Penyakit Kulit :
1.Tilas Naga.
Bahan Obat :

Obat Luar :
• Kules lelipi (kulit ular), Daun Nasi-Nasi, Injin, Kunyit, Hati ayamBihing (merah) dibakar.
Cara Pembuatan :
• Semua bahan obat tersebut di gerus (Ulig) ditambah air panas, setelah itu disaring. Air saringannya ditambahkan bedak. Dipakai sebagai bedak pada kulit yang sakit.

Obat Dalam :
• Lunak (asem), Gula Bali, Kunyit (kunir), Madu.

Cara Pembuatan :
• Kunyit (kunir) dikikih (diparut), lunak, gula bali, dan madu di gerus dan ditambahkan air angat satu gelas kemudian disaring. Air saringannya diminum 3 X sehari (Pagi, Sore, dan Malam).

#.Penyakit Lepra :
Bahan Obat :
• Hong taen sapi, hong tiing, hong telagi, hong dedalu, hong bulan, buni selem, umbi game, lunak tanek selem, cuka belanda, wiski.

Cara Pembuatan :
• Hong taen sapi, hong tiing, hong telagi, hong dedalu, hong bulan, buni selem, umbi game, lunak tanek selem, semua bahan tersebutdigerus sampai halus kemudian disaring dan ditambahkan cukabelanda, dan wiski.
• Catatan dilakukan pembersihan (lukat) di Pemuhun (tempat Pembakaran jenazah; dan disertai dengan mengaturkan caru.


#.kusta, bulenan (kurap), dan Lepra.

Bahan Obat :

Obat Dalam :

• Buah jebug + Kakap Sedah + Buah Base + Gambir

Cara Pembuatan :

• Buah jebug + Kakap Sedah + Buah Base + Gambir digerus sampai alus kemudian ditambahkan air panas secukupnya disaring; airnya diminum satu sendok makan setiap hari 3 kali (Pagi, Siang, dan Sore).

Obat Luar :

• Kakap sedah + Jahe + Isen Kapur + Kesune Jangu + Akah Paku Dukut + Inan Kunyit.

Cara Pembuatan :

• Kakap sedah + Jahe + Isen Kapur + Kesune Jangu + Akah Paku Dukut + Inan Kunyit semuanya digerus dipakai boreh.

#.Alergi Kulit

Bahan Obat :

• Kakap Base + Inan Kunyit + Dakep-dakep

Cara Pembuatan :
• Kakap Base + Inan Kunyit + Dakep-dakep digerus kemudian ditambahkan air panas disaring diminum sebagai loloh.

#.Bengek (Sulingan)
Bahan Obat :
• Air Bungkak (kelapa Muda), Daun Kesimbukan, Daun Pancar Sona, Sari Kuning, Air Damuh.

Cara Pembuatan :
• Air Bungkak (kelapa Muda), Daun Kesimbukan, Daun Pancar Sona, Sari Kuning direbus. Airnya disaring ditambahkan air Danuh dipakai Tutuh (obat masuk melalui hidung).

#.Batuk Kering
Obat Dalam :
Bahan Obat :
• Bunga belimbing Buluh, Daun Pancar Sona, Bawang Metambus, Daun Sulasih mihik, Kencur. Jeruk nipis.

Cara Pembuatan :
• Bunga belimbing Buluh, Daun Pancar Sona, Bawang Metambus, Daun Sulasih mihik, Kencur ditumbuk dimasukkan dalam kantongplastik kemudian dikukus setelah itu diperas. Air perasannyaditambahkan jeruk nipis diminum 3 X dalam sehari. 


#.Batuk Berdahak
Obat Dalam
Bahan Obat :
• Daun Belimbing Besi, Kunir, Kulit Kelapa Ditambus, Bawang ditambus, Lunak.

Cara Pembuatan :
• Daun Belimbing Besi, Kunir, Kulit Kelapa Ditambus, Bawang ditambus, Lunak. Digerus (ulig) ditambahkan air Panas, kemudiandisaring. Air saringannya diminum.
Obat Luar
Bahan Obat :
• Bungkil Biu dang saba, Bawang metambus, kepik Waru, minyak kelapa bali.

Cara pembuatan :
• Bungkil Biu dang saba, Bawang metambus, kepik Waru digerus kemudian ditambahkan minyak kelapa bali dipakai obat tempel pada tulang Gihing.


#.batuk Berdarah
Bahan Obatnya :
• (Jahe Pahit + Jeruk Nipis + Minyak Dehe digunakan sebagai loloh).

#.Penyakit Perut :

1. Perut Membesar
Bahan Obat :
• Biji Tabu (waluh), Pepaya matang, Kentang, Wortel, ½ sendok cuka, ½ sendok brem, ½ kecap manis.

Cara Pembuatan :
• Biji Tabu (waluh) dinyanyah kemudian digerus, Pepaya matang, Kentang, Wortel dikihkih kemudian dikukus airnya diambil ditambahkan ½ sendok cuka. ½ sendok brem, ½ kecap manis, lalu diminum untuk obat.

2. Mag.
Bahan Obat :
Obat Dalam :
• Ketela Bun (rambat), Garam sedikit, Air Titisan.

Cara Pembuatan :
• Ketela Bun (rambat) diparut, ditambahkan Garam sedikit, AirTitisan kemudian dimakan sehari empat kali.

Obat Luar
Bahan Obat :
• Kulit manggis, Kesuna Jangu, Abu (arang), minyak kelapa bali.

Cara Pembuatan :
• Kulit manggis, Kesuna Jangu, Abu (arang) digerus sampai halus kemudian ditambahkan minyak kelapa bali ditempelkan pada uluhati.

3. Perut Panas dan Atau dingin karena infeksi.
Bahan Obat : Bidara Upas
Cara Pembuatan :
• Bidara Upas Direndam Dengan Air Panas, setelah dingin diminum dengan dosis tiga gelas dalam satu hari.

4. Berak Darah
Bahan Obatnya :
• Sri Kaya Masak + Es Batu sampai dingin, kemudian dimakan.
• Babakan Jati + Bawang Adas + asaban Cenana digerus sampai alus kemudian disaring dijadikan loloh.

5. Perut Sakit :
Bahan Obat :
• Kerikan Buah + Kerikan Gedang + Bangle Tiga Iria + Uyah Areng.

Cara Pembuatan :
• Kerikan Buah + Kerikan Gedang + Bangle Tiga Iria + Uyah Areng dipapak disimbuhkan dibagian perut yang sakit.

#.Sakit Tulang
Bahan Obat :
Obat Luar :
• Akar Kayu Tulang, Akar Sambung Tulang, Akar kayu Tiwang, Akar liligundi, kelapa ental, sindrong jangkep.

Cara Pembuatan :
• Akar Kayu Tulang, Akar Sambung Tulang, Akar kayu Tiwang, Akar liligundi, kelapa ental, sindrong jangkep digerus kemudian digoreng dipakai untuk boreh pada bagian yang sakit.
• Bata merah digambar dengan Ongkara dipanaskan dan diatasnya diisi daun liligundi secukupnya dan diinjak dengan kaki yang sakit sampai keluar air pada kaki yang sakit.

Obat Dalam :
• Daun Paye Puuh, Kuncuk Pule, Daun Ginten Cemeng, Temukus, akah kayu angket, temu ireng, jahe pahit

Cara Pembuatan :
• Daun Paye Puuh, Kuncuk Pule, Daun Ginten Cemeng, Temukus, akah kayu angket, temu ireng, jahe pahit digerus kemudianditambahkan air panas secukupnya dan disaring. Air saringannyadiminum 3 kali dalam sehari.
#.Sakit Kepala.

1. Paruh atau Belahan
Obat Luar :
• kulit telur ayam, daun sembung, mesui, cekuh nunggal, buah base, daun dagdag.

Cara Pembuatan :
• kulit telur ayam, daun sembung, mesui, cekuh nunggal, buah base digerus sampai halus kemudian ditempelkan pada kepala ditutup dengan daun dagdag. Catatan dalam pengobatan tidak boleh kena asap, merokok, kena air. Dan untuk obat urutnyadipergunakan bawang merah, kayu putih, limo diurut pada tulang belakang (tulang gihing).

Penyakit Pada Wanita

1. Keputihan
Bahan Obat :
Obat Luar :
• Daun keliki, kulit manggis, bawang merah.

Cara Pembuatan :
• Daun keliki, kulit manggis, bawang merah digerus ditempelkan pada perut.

Obat Dalam :
• Akah kemogan, tain yeh, umbi ikose (sejenis isen).

Cara Pembuatan :
• Akah kemogan, tain yeh, umbi ikose (sejenis isen) digerus dan ditambahkan air panas secukupnya kemudian disaring dan diminum sebagai loloh.

2. Datang Bulan Tak Lancar.
Bahan Obat :
Obat Luar :
• temako, lunak, minyak tandusan

Cara Pembuatan :
• temako, lunak, minyak tandusan digerus ditempelkan pada pusar pada malam hari.

Obat Dalam :
• daun isen, gula bali, akah biu dang saba, blangsah buah, sari kuning.

Cara Pembuatan :
• daun isen, gula bali, akah biu dang saba, blangsah buah, sari kuning digerus kemudian ditambah air panas dan disaring, airnya diminum untuk obat.

3. Vagina Sakit
Bahan Obat
Obat Luar :
• untuk Mandi : daun candi late direbus untuk air mandi.
• Untuk oles : jagung muda, gadung cina, buah kem, umbi ilak, daun ilak, semuanya direbus disaring kemudian ditambahkan dengan perbandingan 1 : 1 air mawar.

#.Obat Luka
Bahan Obat :
• Minyak Alu, Yeh Lunak, Yeh Jeruk Purut, dipakai obat oles luka.
• Isen, Batang jepun di lablab atau ditambus airnya dipakai obat oles.

Penyakit Mata

1. Mata Merah :
Bahan Obat :
• Air Batang Simbukan, Umbi tunjung, air kakap.

Cara Pembuatan :
• Umbi Tunjung ditambus , ditambah air batang simbukan dan air kakap kemudian disaring; airnya dijadikan obat tetes.
• Air rebusan daun Kelor dipakai air mencuci mata setiap bangun pagi.

2. Mata Tumbuhan (ada daging di dalam mata)
Bahan Obatnya :
• Darah Bulu ekor ayam, Darah Ekor lindung dipakai obat tetes mata.

#.Obat Jerawat
Bahan Obatnya :
• Kakap Tabia Bun + Kesuna Jangu + Akah Paku Jukut + Inan Kunyit.

Cara Pembuatan :
• Kakap Tabia Bun + Kesuna Jangu + Akah Paku Jukut + Inan Kunyit di gerus sampai alus dijadikan boreh (bedak) pada Jerawat.


Boreh merupakan salah satu obat tradisional untuk mengatasi dan mengobati berbagai penyakit. Selain untuk obat rematik, boreh yang terbuat dari bahan tumbuh-tumbuhan berkualitas juga dipercaya dapat menangkal berbagai jenis.



Karena boreh berasal dari tumbuhan-tumbuhan berkhasiat tinggi dipercaya dapat merangsang aktivitas urat, sehingga peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar.



Sekian dari saya semoga bermanfaat buat anda sekalian.Yang minat silakan download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar